Google Luncurkan Gemini, Mode AI yang Di-claim Lebih Hebat dari ChatGPT-4

MGO777, Jakarta – Google barusan melaunching Gemini, mode kepandaian bikinan (AI) terkini sebagai tandingan ChatGPT. Walaupun awalnya ada laporan mengenai penangguhan penyeluncuran, sekarang Gemini telah ada dan bisa dipakai.

Mencuplik Android Police, Jumat (8/12/2023), pemakai dapat terhubung AI ini lewat Google Bard, termasuk versus “Nano” yang bisa bekerja dengan lokal di handphone Piksel 8 Pro.

Dalam informasinya, Google menyebutkan Gemini sebagai mode paling hebat dan oke mereka. Keunggulan khusus Gemini berada pada karakter multimodal-nya, yang memungkinkannya AI ini bekerja dengan text, gambar, audio, video, dan code.

Gemini bisa menggabungkan, pahami, dan bekerja dengan semua tipe informasi ini secara mulus. Fleksibilitasnya memungkinkannya Gemini menyesuaikan secara beragam lingkungan.

Untuk dipahami, Gemini ada dalam tiga ukuran (Ultra, Pro, dan Nano), hingga bisa digerakkan baik di handphone atau pusat data.

Google tidak ragu memperbandingkan Gemini langsung dengan GPT-4. Dalam beragam pengetesan, Gemini Ultra dipandang lebih bagus dalam tujuh dari 8 persyaratan yang fokus pada text, termasuk kekuatan penalaran, matematika, dan pengkodean.

Lantas, pengetesan multimodal memperlihatkan keunggulan Gemini di dalam 10 faktor gambar, video, dan audio.

Bahkan juga, Gemini disebutkan melampaui beberapa pakar manusia dalam beberapa tugas MMLU (pengetahuan bahasa multitask yang masif), menyatukan 57 mata pelajaran untuk mengetes pengetahuan dunia dan kekuatan perpecahan permasalahan.

Masih Perlu Ditelaah Kembali

Walaupun Google mengatakan MGO55 hasil yang prospektif, perlu ditulis jika beberapa angka ini masih butuh diverifikasi oleh periset mandiri.

Google mengeklaim jika design multimodal Gemini memberi keunggulan, contohnya, di dalam bekerja dengan text dan gambar tanpa perlu mekanisme OCR. Tetapi, belumlah jelas berapa baik performa Gemini dengan bahasa selainnya bahasa Inggris, karena penyeluncurannya baru meliputi bahasa itu.

Google mengutamakan tanggung-jawab dan keamanan sebagai pokok dari peningkatan Gemini. Mereka memakai beragam tehnik, termasuk pengklasifikasi keamanan, untuk menghambat kekerasan, stereotip, dan pastikan kebenaran faktual.

Meski begitu, efektifitas beberapa langkah ini perlu dites dalam pengetesan dunia riil.

Dengan penyeluncuran Gemini, Google sekarang mempunyai produk AI yang dapat jadi kompetitor serius pada beberapa model semacam di pasar. Pemakai bisa segera mengaksesnya lewat Google Bard, buka kesempatan baru untuk eksploitasi dan pendayagunaan kepandaian bikinan dalam beragam kerangka.

Launching di HP Piksel 8 Pro

Google merencanakan untuk mengenalkan Bard Advanced tahun depannya, memberi akses pertama ke mode dan kekuatan paling hebat mereka. Belumlah jelas apa versus Advanced ini akan berbayar, searah dengan taktik OpenAI untuk ChatGPT.

Harus diingat jika Gemini cuma ada untuk versus bahasa Inggris dari Bard. Gemini akan ada di Google Piksel 8 Pro sebagai sisi dari Desember Fitur Turun untuk handphone Piksel.

Variasi Nano dari Gemini akan memberikan dukungan sejumlah fitur seperti Summarize di program Alat rekam terbatas Piksel dan pratinjau pengembang untuk Smart Replies di Gboard. Feature Smart Replies ini akan pertama kalinya datang di WhatsApp saat sebelum diperlebar ke semakin banyak program komunikasi tahun depannya.

Dalam beberapa waktu kedepan, Google merencanakan untuk menyiapkan Gemini agar semakin banyak produk, termasuk Pencarian, Iklan, Krom, dan Duet AI. Mereka sudah mengetes Gemini di Search untuk Search Generative Pengalaman (SGE), yang sukses kurangi latency sampai 40 % dengan bahasa Inggris di AS.

Pengembang Android yang tertarik dapat mendaftarkan untuk memperoleh pratinjau Gemini Nano, memungkinkannya mereka menambah kepandaian bikinan ke program mereka sendiri.

Ini adalah sisi dari program MGO777 AICore Google yang misteri, yang sudah diinstall awalnya pada Piksel 8 Pro, dan saat ini diutarakan rahasianya.

Program ini akan memberikan dukungan processor dari Qualcomm, Samsung S.LSI, MediaTek, dan Google sendiri, manfaatkan kekuatan evaluasi mesin.

Akan Dikeluarkan Tahun Depan

Walaupun versus Pro dan Nano dari Gemini sudah dikeluarkan, Google tetap lakukan optimisasi untuk versus Ultra. Mode paling hebat ini memerlukan semakin banyak pengetesan keamanan, dan Google merencanakan buka Gemini Ultra untuk partner tertentu.

Penyeluncuran besar akan dilaksanakan “awalnya tahun depannya” untuk pengembang dan pelanggan perusahaan sesudah beberapa pengetesan dan kenaikan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *