Dekatkan Service Ujian Mahasiswa, UT Lampung Rangking 1 Lokasi Ujian Paling banyak di Lampung

MGO777 – Kampus Terbuka (UT) memiliki komitmen memberi service ujian yang fleksibel dan mempermudah mahasiswa saat atur waktunya. Berdasar hal itu, UT sediakan tiga modus Ujian Akhir Semester (UAS) pada semester 2023 ganjil. UT Lampung mengadakan UAS pada 15 Kabupaten dan Kota di Propinsi. UAS itu terbagi dalam Ujian Online dan Ujian Lihat Muka. Ujian Online UT Lampung diadakan di 34 lokasi ujian semenjak 11 Desember 2023 sampai 24 Januari 2024. Dan, Ujian Lihat Muka terlaksana di 27 lokasi ujian di tanggal 16 – 17 Desember 2023.

Berikut tiga modus ujian UT pada semester 2023 Ganjil. Modus pertama, yaitu Take Home Exam (THE). Ujian THE ini tidak mempunyai lokasi ujian khusus, hingga mahasiswa bebas kerjakan dimanapun termasuk di dalam rumah.

Proses ujian THE yaitu mahasiswa mengambil/unduh dokumen masalah dan Buku Jawaban Ujian (BJU) di situs https://the.ut.ac.id yang selanjutnya mengupload/unggah jawaban kembali di situs https://the.ut.ac.id. Agenda ujian disamakan Kartu Peserta Ujian (KTPU) masing-masing mahasiswa. Dan dalam pembuatan ujian itu diberi batas dan ketentuan waktu tertentu sama sesuai agenda per mata kuliahnya.

Modus ke-2 , yaitu Ujian Online (UO). UO dilakukan memakai computer yang tersambung dengan internet di lokasi dan agenda yang sudah ditetapkan oleh UT Lampung. Mahasiswa dalam masalah ini langsung datang ke lokasi ujian pada agenda ujian yang sudah diputuskan pada KTPU mahasiswa.

“Dalam masalah ini (UO) UT Lampung kerja sama dengan sekolah sekolah di propinsi Lampung yang sediakan laboratorium computer yang sama sesuai standard ujian UT,” ungkapkan Dra. Sri Ismulyaty, M.Sang , Direktur UT Lampung.

“Tidak cuma laboratorium sekolah, kami memakai laboratorium computer punya partner kami yaitu Sentral Service Kampus Terbuka (SALUT) di Propinsi Lampung. Dengan menyebarnya banyak lokasi ujian kami harap bisa memudahkan mahasiswa ke arah lokasi ujian paling dekat.” lanjut Direktur UT Lampung.

Modus ke-3 , yaitu Ujian Lihat Muka (UTM). Ujian ini dilakukan serempak di semua Indonesia di tanggal 16-17 Desember 2023. Ujian ini dilakukan dengan tercatat memakai alat tulis pensil dan kertas di lokasi dan agenda yang ditetapkan oleh UT Lampung. Peserta ujian dapat datang langsung pada agenda dan lokasi UTM yang sudah tercantum pada KTPU.

“Saat sebelum penerapan ujian, kami lakukan survey lokasi ujian saat mempersiapkan ujian yang pantas dan nyaman untuk beberapa peserta ujian. Kami mengevaluasi fasilitas dan prasarana di lokasi ujian dituju, pastikan jika jarak menempuh ke lokasi ujian itu mempunyai akses yang gampang dicapai. Dengan demikian, semua peserta ujian bisa meng ikuti ujian tidak ada masalah jarak yang terlalu jauh. ” tambah Direktur UT Lampung.

Tidak cuma 3 modus ujian itu, UT sediakan service Ujian Semi Online Proctoring (USOP). USOP ialah service ujian berbasiskan online yang dilakukan pada tempat domisili Mahasiswa, Ujian ditangani lewat computer/netbook dan dipantau dengan virtual lewat Microsoft Tims.

Selainnya harus mempersiapkan computer/netbook mahasiswa wajib gabung pada Ms. Tims memakai handphone sama sesuai link yang tercantum pada KTPU dan menghidupkan camera sepanjang ujian berjalan. Ujian ini khusus ditujukan untuk mahasiswa tertentu yang ada halangan meng ikuti Ujian Online dan Ujian Lihat Muka dengan argumen yang dipandang penting oleh Pusat Pengetesan UT.

Seperti argumen pernikahan, keagamaan atau pekerjaan dinas untuk anggota POLRI. Untuk meng ikuti USOP, mahasiswa diharuskan lapor ke UT wilayah di tempat dengan membuat surat permintaan dan tambahan yang memperjelas jika tidak bisa ujian pada hari itu, seperti Surat Pekerjaan dari lembaga dan yang lain. Pada akhirannya, permintaan mahasiswa akan dilihat oleh Pusat Pengetesan.

“UT juga fleksibel dalam pemilihan lokasi ujian. Bila mahasiswa peserta ujian tiba-tiba tidak ada di lokasi ujian seperti yang diregisterkan awalnya, karena itu mahasiswa itu dapat ajukan permintaan menumpang ujian ke wilayah yang diinginkan.” Tutur Manager Evaluasi dan Ujian UT Lampung, Dr. Whika Febria Dewatisari, S.Sang., M.Sang.

“Proses ajukan menumpang ujian dapat dilaksanakan sesudah mahasiswa terima KTPU. Mahasiswa dapat segera lapor ke UT wilayah asal, lantas faksi UT wilayah asal akan bekerjasama dengan UT wilayah tujuan.” tambah Ibu Whika.

UT sudah mengepak secara bagus kefleksibelan mahasiswa dalam perkuliahan atau ujian. Tetapi kefleksibelan yang diberi masih tetap memprioritaskan keamanan dan objecttifitas dalam hasil UAS.

Mekanisme fleksibel ini menjadi satu diantara daya magnet warga untuk berkuliah di UT. Satu diantaranya publiK figure dengan penuh mobilisasi tinggi.

Persyaratan jadi mahasiswa UT juga gampang. Siapa saja sepanjang mempunyai ijazah SMA benar-benar menjadi mahasiswa UT karena UT tidak mempunyai batas umur dan tahun ijazah. Ongkos perkuliahannya yang dapat dijangkau cuman satu juta-an per semester dengan ongkos registrasi yang cuma 100.000 rupiah tidak langsung turunkan kualitas UT.

Bisa dibuktikan UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri Tubuh Hukum (PTN-BH) telah terakreditasi dan sudah mendapatkan 9 Rekor MURI. Satu diantaranya sebagai Kampus dengan alumnus paling banyak yang diterima sebagai CPNS. Sekarang ini UT buka registrasi mahasiswa baru sampai 24 Februari 2024. Calon mahasiswa cukup terhubung admisi-sia.ut.ac.id dan melengkapi data diri menyertakan KTP, Cocok Photo dan Ijazah SMA yang sudah dilegalisasi. (*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *