KPK Tangkap Gubernur Maluku Utara, 15 Orang Ditangkap

Jakarta, MGO777 – Komisi Pembasmian Korupsi (KPK) lakukan operasi tangkap tangan di wilayah Maluku Utara dan Jakarta pada Senin (18/12/2023). Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menjadi satu diantara faksi yang diamankan dalam operasi senyap tersebut.

“Salah satunya Gubernur Maluku Utara dan sejumlah petinggi yang lain, dan faksi swasta,” kata jubir KPK Ali Fikri, Selasa (19/12/2023).

Ali menjelaskan dengan keseluruhan KPK telah tangkap 15 orang, termasuk Abdul Gani. Mereka diamankan di teritori di Jakarta Selatan atau di Kota Ternate. Menurut Ali, penyidik tetap minta info ke beberapa pihak yang diamankan itu.

Sampai sekarang ini, Ali belum menerangkan kasus korupsi yang diperhitungkan menggeret Abdul Gani dan petinggi yang lain itu. KPK mempunyai waktu 1×24 jam semenjak dilakukan OTT untuk tentukan status hukum Abdul Gani dkk.

Team satuan tugas Komisi Pembasmian Korupsi (KPK) menciduk Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang diadakan di DKI Jakarta dan Maluku Utara, Senin (18/12/2023) tim press MGO303 Melaporkan.

Dalam OTT itu, secara keseluruhan KPK telah tangkap 15 orang, termasuk Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba. Mereka diamankan di teritori di Jakarta Selatan atau di Kota Ternate.

Sampai sekarang ini, KPK belum menjelaskan detil kasus korupsi yang diperhitungkan menggeret Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan petinggi yang lain.

KPK memiliki waktu 1×24 jam semenjak dilakukan OTT buat memutuskan status hukum Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dkk.

Kekayaan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba

Terpelas dari kasus OTT, Infobanknews ini kali coba melihat harta kekayaan yang dipunyai Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

Berdasar situs Laporan Harta Kekayaan Pelaksana Negara (LHKPN) dalam elhkpn.kpk.go.id, Abdul Gani Kasuba diketahui memiliki kekayaan Rp6,4 miliar. Harta itu disampaikan Abdul Gani pada 14 Mei 2023 berdasar hartanya pada 2022.

Rinciannya, Gubernur Maluku Utara ini mempunyai sembilan sektor tempat dan bangunan sebesar Rp5.380.000.000.

Adapun sembilan asset tidak bergerak itu menyebar di beberapa daerah di Tanah Air. Salah satunya berada di Kota Ternate, Kota Halmahera Utara, Kota Halmahera Selatan, dan Kota Jakarta Selatan. Semua asset itu adalah hasil sendiri.

Gubenur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba memberikan laporan jika dianya cuma mempunyai satu mobil bermerek Toyoto Inova tahun 2012 dengan nilai Rp75.000.000.

Selanjutnya, dia terdaftar mempunyai harta bergerak lain sebesar Rp330.000.000 dan sama dengan kas dalam jumlah Rp673.409.184.

Disamping itu, Gubernur Maluku Utara itu tidak mengatakan ada hutang yang dipunyai. Dengan begitu, keseluruhan harta kekayaan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba capai Rp6.458.409.184.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *