Site icon tentcorp

Niat Puasa Mengganti Ramadhan di Bulan Rajab

Niat Puasa Mengganti Ramadhan di Bulan Rajab Rnlink.org - Puasa mengganti atau qadha Ramadhan hukumnya wajib untuk umat Muslim. Jalankan puasa mengganti Ramadhan wajib dimulai membaca niat puasa itu.

Niat Puasa Mengganti Ramadhan di Bulan Rajab Rnlink.org - Puasa mengganti atau qadha Ramadhan hukumnya wajib untuk umat Muslim. Jalankan puasa mengganti Ramadhan wajib dimulai membaca niat puasa itu.

Niat Puasa Mengganti Ramadhan di Bulan Rajab

Rnlink.org – Puasa mengganti atau qadha Ramadhan hukumnya wajib untuk umat Muslim. Jalankan puasa mengganti Ramadhan wajib dimulai membaca niat puasa itu.
Merilis website resmi Nahdlatul Ulama Online, niat puasa mengganti Ramadhan wajib dibaca saat malam hari. Ini seperti diterangkan Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqna’ seperti berikut.

ويشترط لفرض الصوم من رمضان أو غيره كقضاء أو نذر التبييت وهو إيقاع النية ليلا لقوله صلى الله عليه وسلم: من لم يبيت النية قبل الفجر فلا صيام له. ولا بد من التبييت لكل يوم لظاهر الخبر.

Maknanya: Diisyaratkan memasangkan niat pada malam hari untuk puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Persyaratan ini berdasarkan pada hadis Rasulullah SAW, “Siapakah yang tidak memalamkan niat saat sebelum fajar, karena itu tidak ada puasa untuknya.” Karena itu, tidak ada jalan lain terkecuali punya niat puasa tiap hari berdasarkan pada redaksi zahir hadis,” (Saksikan Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqna’, [Darul Fikr, Beirut: 2007 M/1428 H], juz II).

Niat Puasa Mengganti

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta’âlâ.

Maknanya: Saya punya niat untuk mengqadha’ puasa bulan Ramadhan keesokan hari karena Allah SWT.

Sesudah membaca niat puasa mengganti Ramadhan saat malam hari, umat Muslim dapat sahur saat sebelum jalankan puasa satu hari penuh. Sahur dilakukan sampai saat sebelum azan sholat Subuh.

Puasa Mengganti Ramadhan di Bulan Rajab

Waktu puasa mengganti Ramadhan terbaik ialah secepat-cepatnya sesudah bulan Ramadhan, dan saat sebelum Ramadhan tahun selanjutnya tiba. Puasa mengganti Ramadhan dibolehkan alias hukumnya resmi digerakkan di bulan Rajab.

Syekh al-Barizi mengatakan, walau cuma niat mengqadha’ puasa Ramadhan, dengan automatis pahala berpuasa Rajab dapat didapat. Ini didasari info dalam kitab Fathul Mu’in dan hasyiyahnya, I’anatuth Thalibin seperti berikut.

وبالتعيين فيه النفل أيضا فيصح ولو مؤقتا بنية مطلقة كما اعتمده غير واحد (وقوله ولو مؤقتا) غاية في صحة الصوم في النفل بنية مطلقة أي لا فرق في ذلك بين أن يكون مؤقتا كصوم الاثنين والخميس وعرفة وعاشوراء وأيام البيض أو لا كأن يكون ذا سبب كصوم الاستسقاء بغير أمر الإمام أو نفلا مطلقا (قوله بنية مطلقة ) متعلق بيصح فيكفي في نية صوم يوم عرفة مثلا أن يقول نويت الصوم ( قوله كما اعتمده غير واحد) أي اعتمد صحة صوم النفل المؤقت بنية مطلقة وفي الكردي ما نصه في الأسنى ونحوه الخطيب الشربيني والجمال الرملي الصوم في الأيام المتأكد صومها منصرف إليها بل لو نوى به غيرها حصلت إلخ زاد في الإيعاب ومن ثم أفتى البارزي بأنه لو صام فيه قضاء أو نحوه حصلا نواه معه أو لا وذكر غيره أن مثل ذلك ما لو اتفق في يوم راتبان كعرفة ويوم الخميس انتهى

Maknanya:

“Dan dieksepsikan pensyaratan ta’yin (tentukan tipe puasa) dalam puasa fardu, yakni puasa sunnah, karena itu resmi berpuasa sunnah dengan niat puasa mutlak, walau puasa sunnah yang mempunyai periode waktu seperti opini yang digenggam oleh lebih satu ulama”.

“Perkataan Syekh Zainuddin, walau puasa sunnah yang mempunyai periode waktu, ini ialah ghayah (pucuk) keaslian puasa sunnah dengan niat puasa mutlak, tujuannya tidak ada ketidaksamaan dalam keaslian itu di antara puasa sunnah yang berjangka seperti waktu puasa Senin-Kamis, Arafah, Asyura’ dan beberapa hari tanggal purnama. Atau selainnya puasa sunnah yang berjangka waktu, seperti puasa yang mempunyai karena, seperti puasa istisqa’ tanpa perintah imam, atau puasa sunnah mutlak”.

“Perkataan Syekh Zainuddin, dengan niat puasa mutlak, karena itu cukup dalam niat puasa Arafah dengan niat seumpama, saya niat berpuasa.”

“Perkataan Syekh Zainuddin, seperti opini yang digenggam oleh lebih satu ulama, tujuannya lebih satu ulama berpegangan dalam keaslian puasa sunnah dengan niat puasa mutlak. Dalam kitabnya Syekh al-Kurdi disebut, dalam kitab al-Asna demikian juga Syekh Khatib al-Sayarbini dan Syekh al-Jamal al-Ramli, berpuasa di beberapa hari yang disarankan untuk berpuasa dengan automatis tertuju pada beberapa hari itu, bahkan juga jika seorang punya niat puasa dan niat puasa yang lain, karena itu pahala ke-2 nya sukses didapat. Dalam kitab al-I’ab dipertambah, dari ringkasan itu, Syekh al-Barizi berfatwa jika jika seorang berpuasa qadha (Ramadhan) atau yang lain di beberapa hari yang disarankan berpuasa, karena itu pahala ke-2 nya dapat diperoleh, baik dibarengi niat berpuasa sunnah atau mungkin tidak. Ulama lain mengatakan, demikian juga jika berketepatan untuk seorang dalam sehari dua puasa teratur, seperti puasa hari Arafah dan puasa hari Kamis”. (Syekh Zainuddin al-Malibari dan Syekh Abu Bakr bin Syatha, Fathul Mu’in dan Hasyiyah I’anatuth Thalibin, Surabaya, al-Haramain, tanpa tahun, juz 2, halaman 224).

Exit mobile version