4 Rekor Bagus Pendaratan Sarana Antariksa Chandrayaan-3 di Bulan

Jakarta, komunitas server gacor – Chandrayaan-3 sukses landing dengan selamat di Bulan pada Rabu (23/8). Sarana antariksa punya India ini juga mencatatkan beragam catatan monumental.
Pertama Menteri India Narendra Modi yang melihat pendaratan ini lewat virtual juga menyongsong senang pendaratan pertama India di Bulan.

“Di kesempatan yang menyenangkan ini, saya ingin menegur semua warga dunia. Kesuksesan visi India ke Bulan tidak cuma punya India saja,” kata Narendra, mencuplik CNN, Kamis (24/8).

“Ini ialah tahun di mana dunia melihat kepresidenan G20 India. Pendekatan kami mengenai satu Bumi, sekeluarga, satu masa datang beresonansi di penjuru dunia,” bebernya menambah.

Pendaratan ini mencatat berbagai sejarah. Tidak itu saja, sarana antariksa India ini sukses landing sesudah beberapa hari kemarin, sarana antariksa punya Rusia, Luna-25, tidak berhasil landing dan justru menubruk permukaan Bulan.

Berikut ringkasan rekor-rekor pendaratan Chandrayaan-3 di Bulan:

1. Pertama di kutub selatan Bulan
Chandrayaan-3 landing dengan mulus di dekat kutub selatan Bulan persisnya pada jam 18.03 waktu India, atau 19.34 WIB. Pendaratan ini monumental karena Chandrayaan-3 jadikan India negara pertama kali yang landingkan sarana antariksa di kutub selatan Bulan.

Daerah kutub selatan Bulan dipandang seperti daerah yang mempunyai kebutuhan ilmiah dan vital untuk beberapa negara pelacak antariksa, karena beberapa periset yakini daerah ini adalah rumah untuk pengendapan es air.

Air yang membeku di kawah-kawah bayang-bayang itu bisa diubah jadi bahan bakar roket atau air minum untuk misi-misi berawak di masa datang.

2. Pertama kali buat India
Pendaratan Chandrayaan-3 jadi sejarah untuk India, karena ini adalah sarana antariksa pertama mereka yang landing di atas Bulan.

Ini adalah eksperimen ke-2 India untuk landing di dekat kutub selatan.

Awalnya, India sebelumnya pernah berusaha untuk landing di Bulan melalui Chandrayaan-2, tetapi tidak berhasil landing saat sarana antariksa itu menubruk Bulan karena permasalahan pada software.

Sesudah nyaris 4 tahun dan beragam kenaikan design dan piranti lunak, sarana antariksa Chandrayaan-3 bikinan dalam negeri ini melaju dengan roket LVM3 di tanggal 14 Juli dari bandar antariksa di Sriharikota, di pesisir timur India, mencuplik Live Science.

Sbobet tergacor hanya di komunitas server gacor

3. Negara ke-4 landing di Bulan
Kesuksesan Chandrayaan-3 jadikan India masuk ke barisan negara yang berhasil sukses landing di Bulan. India adalah negara ke-4 yang sukses landing di satelit alami Bumi tersebut.

Awalnya, cuma Amerika Serikat, China dan sisa Uni Soviet yang sukses landing di atas Bulan.

Visi ini juga bisa kukuhkan status India sebagai negara adidaya global di ruangan angkasa.

Chandrayaan bermakna ‘kendaraan Bulan’ dengan bahasa Sansekerta. Sarana ini dikeluarkan dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota, negara sisi Andhra Pradesh, India selatan pada 14 Juli.

Slot tergacor hanya di komunitas server gacor

4. Taklukkan Luna-25 punya Rusia
Kesuksesan India landingkan Chandrayaan-3 di dekat kutub selatan Bulan terjadi cuma sekian hari sesudah usaha Rusia tidak berhasil jalankan visi yang masih sama.

Sarana antariksa Rusia, Luna 25, jatuh ke Bulan pada 19 Agustus sesudah mesinnya alami kerusakan, akhiri usaha pendaratan pertama mereka di Bulan dalam 47 tahun akhir.

Saat sebelum menjumpai ketidakberhasilan, Luna-25 sebelumnya sempat mendahului perjalanan Chandrayaan-3.

Originally posted 2023-08-25 08:39:13.

By admin

One thought on “4 Rekor Bagus Pendaratan Sarana Antariksa Chandrayaan-3 di Bulan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *