FKIP Untirta dan Kesbangpol Banten Adakan Seminar Pancasila : Dasar Negara yang Kuat

FKIP Untirta dan Kesbangpol Banten Adakan Seminar Pancasila : Dasar Negara yang Kuat

Serang, 24 Juni 2024 di Ruangan Aula Watak Juara Fakultas Keguruan dan Pengetahuan Pendidikan Kampus Sultan Ageng Tirtayasa Bersama Tubuh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Propinsi Banten mengadakan seminar bertema “Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Dasar yang Kuat Secara Filosofis, Yuridis, Sosiologis, sebagai Rangka dalam Kehidupan Bernegara”. Seminar ini adalah sisi dari penerapan Sub Aktivitas Pendefinisian Peraturan Tehnis di Sektor Ideologi Wacana Berkebangsaan, Bela Negara, Watak Bangsa, Pembauran Berkebangsaan, Bhineka Tunggal Ika, dan Sejarah Berkebangsaan Tahun Bujet 2024.
Aktivitas ini dibuka oleh Kabid Bina Ideologi dan Wacana Berkebangsaan, Dr. Fathurahman, S.Pd., M.Sang, yang sebagai wakil Kepala Tubuh Kesbangpol Propinsi Banten dan didatangi oleh Prof. Dr. Lili Romli, M.Sang dari BRIN, Dr. Bangun Sitohang, MM dari Kemendagri RI, Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Sang, Dekan FKIP Untirta, Wakil Dekan Sektor Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja sama, Ketua Jalur Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Team tehnis Kesbangpol Propinsi Banten, Beberapa dosen dan mahasiswa di Lingkungan FKIP Untirta.
Dekan FKIP Untirta, Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Sang, dalam sambutannya berterima kasih ke Kesbangpol Propinsi Banten yang sudah pilih FKIP Untirta untuk tempat berunding mengenai Pancasila. Beliau memperjelas komitmennya untuk memperkuat pengetahuan dasar ideologi Pancasila untuk sivitas akademisa FKIP Untirta sebagai dasar negara untuk kehidupan berkebangsaan dan bernegara.
Acara yang dimoderatori oleh Aam Amirudin, S.Sos, MM ini mendatangkan tiga pembicara khusus yang sampaikan beberapa materi penting:

1. Prof. Dr. Lili Romli, M.Sang dari BRIN sampaikan materi mengenai “Pengetahuan Wacana Berkebangsaan dan Beberapa nilai Pancasila untuk Angkatan Milenial”.

2. Dr. Drs. Bangun Sitohang, MM dari Kemendagri RI mengulas “Memperkuat Beberapa nilai Pancasila dalam Wacana Berkebangsaan dalam Kehidupan Berkebangsaan dan Bernegara”.

3. Dr. Fathurahman, S.Pd.I., M.Sang, Kepala Sektor Bina Ideologi dan Wacana Berkebangsaan, bicara mengenai “Pengalaman dan Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Setiap hari”.
Seminar ini diharap bisa tingkatkan pengetahuan dan implementasi beberapa nilai Pancasila di kelompok mahasiswa dan sivitas akademisa FKIP Untirta, dan perkuat watak berkebangsaan yang kuat saat hadapi rintangan jaman. Karena ada aktivitas ini, beberapa peserta diharap bisa menginternalisasi beberapa nilai Pancasila dan mengaplikasikannya.(FKIP)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *