Dipandang Berprestasi, Kapolda Papua Memperoleh KPLB

tentcorp.com — Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pimpin upacara korps rapor peningkatan pangkat beberapa perwira tinggi Polri, yang berjalan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (23/08/2024).

Terdaftar ada 12 perwira tinggi Polri yang naik pangkat dari Brigjen atau jenderal bintang satu sampai Komjen atau jenderal bintang tiga.

Kepala Agen Pencahayaan Warga Seksi Humas Polri, Brigjen. Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, salah satunya perwira tinggi Polri yang naik pangkat yaitu Kapolda Papua, Mathius D Fakhiri dari Irjen jadi Komjen, Mathius dianugerahkan Peningkatan Pangkat Luar Biasa (KPLB) atas beberapa prestasinya sepanjang bekerja di Polri.

“Ini hari Kapolri pimpin upacara korps rapor peningkatan pangkat beberapa perwira tinggi (pati) Polri,” kata Trunoyudo.

Trunoyudo menerangkan Peningkatan Pangkat Luar Biasa (KPLB) yang terterima oleh Komjen. Pol. Mathius Fakhiri dilaksanakan atas beragam prestasi yang dulu pernah dicatatkan sepanjang yang berkaitan bekerja di Papua, satu diantaranya di tahun 2014-2017, saat memegang sebagai Dansat Brimob Polda Papua, Komjen. Pol. Mathius D. Fakhiri yang memperoleh pekerjaan khusus jadi Kasatgassus Polda Papua sukses ungkap sejumlah kasus yang mencolok.

Brigjen. Pol. Trunoyudo menerangkan, dalam masa itu, Mathius Fakhiri seringkali ungkap kasus penyelinapan senjata api (senpi) untuk Barisan Kriminil Membawa senjata (KKB).

“Disamping itu ada juga penangkapan komandan operasi TPN/OPM daerah Kabupaten Pucuk di tahun 2014. Selanjutnya ada penangkapan panglima tinggi KKB Paniai di Nabire dan penangkapan beberapa kasus yang lain termasuk serangan pada kantor polisi dan anggota,” tutur Brigjen. Pol. Trunoyudo.

Dipertambah, tidak sampai disana, beragam pengungkapan kasus sukses diatasi oleh Mathius Fakhiri, sama dalam waktu memegang sebagai Waka Operasi II Satgassus Papua, yang sukses ungkap sejumlah kasus mencolok.

“Salah satunya penegakan hukum basis KKB Lanny Jaya di Area Popome, KKB Pucuk Jaya pimpinan Goliat Tabuni dan jaringan senjata api dan amunisi KKB Kali Kopi di Mimika,” papar Brigjen. Pol. Trunoyudo.

Lantas ada pengungkapan kasus perampokan senpi anggota Denpom Nabire dan pengungkapan kasus rasisme tahun 2019 pada sejumlah anggota KNPB.

Di bulan September 2020 s/d Februari 2021, Mathius D Fakhiri dipercayai memegang sebagai Wakapolda Papua dan jadi Kepala Operasi Nemangkawi. Di saat itu, Mathius sukses ungkap sejumlah kasus.

“Selesai memegang sebagai Wakapolda Papua, Mathius naik jadi Kapolda dari Februari 2021 sampai sekarang ini. Aksinya di Bumi Cendrawasih saat jaga ketertiban dan keamanan tetap dipertahankan,” tambah Brigjen. Pol. Trunoyudo.

Sejumlah kasus yang disingkap yaitu penegakan hukum pada KKB Pucuk Ilaga, KKB Pucuk Jaya, KKB Paniai dan yang lain.

“Ada pula pengungkapan kasus pembunuhan dengan modus mutilasi pada 4 OAP (Orang Asli Papua) secara terdakwa 11 orang,” sebut Brigjen. Pol. Trunoyudo.

Seterusnya ada pengungkapan kasus pembunuhan pada Michelle Kurisi Doga, aktivis wanita asal Papua dan penyelamatan penyelenggaraan PON XX tahun 2021.

“Pada penerapan PON XX, Kapolda Papua dengan sukses amankan penyelenggaraan dari teror tindakan terror bom jaringan KKB dan semua olahragawan, official dan panitia dan masyarakat aman dari penebaran Covid-19,” katanya.

Selanjutnya, Trunoyudo menerangkan, Kapolda Papua Mathius Fakhiri sukses menjaga peraturan pemerintahan dalam peralihan UU Otonomi Khusus (Otsus) dan lahirnya DOB (Wilayah Otonomi Baru) di Papua.

“Sepanjang kepimpinan beliau, Komjen Pol Mathius D Fakhiri sukses jaga keadaan Kamtibmas di Papua hingga sepanjang beliau bekerja keadaan benar-benar aman dan aman ,” tutup Brigjen. Pol. Trunoyudo.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *