Perlukah Matikan Alat Electronic Waktu Hujan Dibarengi Petir?

Jakarta – Musim penghujan sering membuat kita siaga karena imbas yang bisa diakibatkannya. Selainnya menyebabkan banjir dan tanah longsor, hujan lebat bisa memunculkan dampak negatif lain.
Saat turun hujan dibarengi petir, seorang umumnya refleks mematikan TV dan menanti sampai hujan surut. Disamping itu, disarankan untuk mematikan alat electronic. Memang, apa yang hendak terjadi bila masih tetap menghidupkan alat electronic saat terjadi hujan dibarengi petir?

Merilis dari situs Kementerian ESDM Direktorat Jenderal Ketenagakerjaan, Selasa (4/6/2024), selainnya dampak negatif banjir dan longsor, hujan dibarengi petir bisa juga menyebabkan dampak negatif kebakaran karena alat electronic yang kesambar petir.

Untuk meminimalkan dampak negatif kebakaran karena alat electronic yang kesambar petir, ada banyak panduan yang bisa dilaksanakan. Berikut adalah penuturannya.

Panduan Meminimalkan Dampak negatif Kebakaran Karena Alat Electronic Kesambar Petir

1. Matikan dan Cabut Colokan Listrik
Selainnya mematikan alat electronic, dianjurkan untuk mengambil colokan listrik supaya semakin aman. Karena itu, saat seorang melihat TV dan sedang terjadi hujan dibarengi petir, selainnya mematikan TV lewat remote janganlah lupa untuk mengambil colokan TV dari setop contact.

2. Jauhi Pemakaian Telephone Mobile di Lokasi Terbuka
Waktu hujan dibarengi petir, disarankan untuk berlindung pada tempat tertutup. Tetapi bila tidak mengizinkan, jauhi pemakaian handphone pada tempat terbuka untuk jaga keselamatan diri. Dianjurkan untuk atur handphone dalam posisi model pesawat (flight model) supaya terbebas dari sikatan petir.

Selainnya meng ikuti ke-2 panduan itu, pastikan instalasi listrik sudah dipasang grounding secara baik. Grounding ialah lajur kabel instalasi listrik pada suatu bangunan yang ditanamkan ke tanah. Penempatan grounding ini penting karena bisa turunkan kemungkinan ada masalah pada mekanisme kelistrikan khususnya saat terjadi sikatan petir.

Untuk keamanan, instalasi listrik harus mempunyai Sertifikat Layak Operasi (SLO). SLO ialah sertifikat sebagai bukti jika sesuatu instalasi listrik telah penuhi syarat untuk bekerja atau telah pantas dikasih tegangan listrik.

Paling akhir, bila memungkinkannya seorang bisa memakai penangkal petir supaya semakin aman. Begitu adalah panduan untuk menghambat dampak negatif kebakaran karena alat electronic kesambar petir.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *