Profile Andi Rian Djajadi, Kapolda Sumsel Terkini 2024

tentcorp.com – Irjen Andi Rian Ryacudu Djajadi sah memegang sebagai Kepala Kepolisian Wilayah Sumatera Selatan (Kapolda Sumsel) semenjak 20 September 2024.

Terlahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 25 Agustus 1968, Andi Rian Djajadi mempunyai perjalanan profesi yang panjang dalam beragam posisi vital di Kepolisian Republik Indonesia.

Dia adalah alumnus Sekolah tinggi Kepolisian (Akpol) 1991 dan dikenali eksper pada sektor reserse, sebagai kemampuan intinya sepanjang meniti karier.

Saat sebelum memegang sebagai Kapolda Sumsel, Andi Rian sebelumnya pernah memegang sebagai Kapolda Sulawesi Selatan (2023-2024) dan Kapolda Kalimantan Selatan (2022-2023).

Sebagai putra wilayah Sulawesi Selatan yang dari Wajo, Andi Rian sudah jalani beragam penempatan di beberapa daerah di Indonesia, dimulai dari Kalimantan, Sulawesi, sampai Sumatera.

Pengalaman itu menambahkan nilai untuk kepimpinannya saat menjaga kestabilan ketertiban dan keamanan warga di beberapa daerah yang dulu pernah dia memimpin. Perjalanan profesi Rian dimulai dari Pamapta Polres Kotabaru Polda Kalimantan Selatan pada 1992.

Dia sempat memegang sebagai Kapolsek Batulicin Polres Kotabaru Polda Kalsel pada 1993, dan sebagai Kasubbag Bin Ops Bagres Narkoba Polda Kalimantan tengah di tahun 1995.

Rian sempat juga memegang sebagai Kasubbag Bin Ops Ditsabhara Polda Timor Timur pada 1998, Kapuskodalops Polres Dilli di tahun yang masih sama, dan Kapuskodalops Polres Metro Bekasi pada 2000.

Kemudian, dia memegang sebagai Kasat Resnarkoba Polrestabes Medan dan Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara.

Pada 2011, Rian dipercayai jadi Kapolres Tebingtinggi, selanjutnya memegang sebagai Wadirreskrimsus Polda Sumut pada 2013.

Dia sempat juga memegang sebagai Dirresnarkoba Polda Kalimantan Barat dan Riset Peraturan Madya Sektor Pidnarkoba Bareskrim Polri.

Pada 2017, Rian memegang sebagai Dirreskrimum Polda Sumut, selanjutnya sebagai Wadirtipidum Bareskrim Polri pada 2020, dan seterusnya jadi Karokorwas PPNS Bareskrim Polri dan Dirtipidum Bareskrim Polri di tahun yang masih sama.

Rian selanjutnya memegang sebagai Kapolda Kalimantan Selatan pada 2022, Kapolda Sulawesi Selatan pada 2023, dan sekarang memegang sebagai Kapolda Sumatera Selatan pada 2024.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *