Hoax Penghinaan Seksual Mahasiswi, Ini Fakta-Fakta Penebar Fitnah Mahasiswa UNY

Hoax Penghinaan Seksual Mahasiswi, Ini Fakta-Fakta Penebar Fitnah Mahasiswa UNY

MGO777, Yogyakarta – Baris saat di sosial media sebelumnya sempat dihebohkan karena upload masalah dakwaan penghinaan seksual yang menerpa mahasiswi Kampus Negeri Yogyakarta (UNY).

Tetapi, sesudah dijelajahi lebih jauh, rupanya upload itu ialah fitnah. Bahkan juga, sang pengirim narasi bukan seorang wanita sama seperti yang dilukiskan dalam upload itu.

Dalam upload itu, penghinaan seksual didakwakan ke seorang anggota Tubuh Eksekutif Mahasiswa (BEM) dengan inisial MF. Dia didakwa memberikan ancaman seorang wanita akan menebarkan photo telanjang, selanjutnya minta untuk menjumpainya, dan berkelit tahu tempat kamar kosnya.

Dalam sekejap, upload itu juga jadi trending, MF MGO55 yang disebut mahasiswa FMIPA dirisak mati-matian oleh netizen.

Tetapi dusta tidak dapat tertutupi, orang yang melontarkan dakwaan malah dibekuk polisi karena diperhitungkan lakukan fitnah dan pencemaran nama baik. Aktor sekarang diamankan Polda DIY.

Ber ikuti ini ialah beberapa fakta berkenaan hoax penghinaan seksual UNY yang mengikutsertakan mahasiswa:

1. Penuduh Ialah Laki-Laki

Polda DIY sukses ungkap siapa dibalik upload di base itu. Dia ialah RAN, orang yang menebar cerita sangkaan penghinaan seksual yang menggeret satu pengurus BEM UNY yaitu MF.

Atas peristiwa itu, MF memberikan laporan kasus itu sebab menganggap dirugikan karena jati dirinya menyebar dan mendapatkan banyak risakan. MF akui jika dia malah tidak paham atau mengenal dengan korban itu.

2. Polisi Check Saksi

Pada Minggu (12/11/2023) tempo hari, faksi kepolisian terima laporan dari MF bila dianya jadi korban atas dakwaan itu. Atas hal tersebut, faksi Polda DIY lakukan penyidikan dan mengecek saksi.

Hasil dari pemeriksaan, kepolisian mendapat nama @akunsambatueu. Sesudah dijelajahi, pengurus akun itu adalah aktor penebar hoax mengenai sangkaan penghinaan seksual di UNY.

Kepolisian juga lakukan usaha paksakan dan usaha penangkapan, seorang lelaki terdakwa inisial RAN (19) yang dengan status mahasiswa.

Polisi mengecek tanda bukti ponsel punya RAN dan mendapatkan e-mail yang terpaut akun X @akunsambatueuu dengan draf tulisan wa dari terlapor yang diupload pada akun @UNYmfs.

Sakit Hati

3. Pola RAN karena Sakit Hati dengan MF

Siapa kira pola RAN lakukan fitnah itu sebab menganggap sakit hati dengan MF. Ceritanya RAN mendaftarkan Link alternatif MGO303 komune mahasiswa di UNY, tapi ia ditampik panitia, dan cenderung lebih memilih MF.

Tidak cuma sampai situ, RAN merasa lagi tersinggung saat jadi panitia festival politik FMIPA UNY. Waktu itu, RAN ditegur MF bukannya mendapatkan animo atas acara tersebut.

Polisi sekarang tetap mempelajari kasus itu, termasuk pastikan apa dalam peristiwa ini korban yang diartikan ialah fiktif. Polisi ingin ketahui bagaimana aktor membuat pesan singkat yang didalamnya masalah curhatan hati tidak menggembirakan dengan deskripsi wanita.

“Kelak jika untuk modus akan kami pelajari. Tetapi, s/d sekarang ini dari hasil tanda bukti smartphone yang kami sita, selanjutnya dari e-mail yang sudah kami pelajari, ada content yang sama dan sama dengan content yang diunggah di sosmed X itu,” kata Direskrimsus Polda DIY Kombes Pol Idham Mahdi, Senin (13/11/2023).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *