5 Resep Ayam Panggang yang Sedap dengan Bermacam Bumbu, Gampang Dibikin

5 Resep Ayam Panggang yang Sedap dengan Bermacam Bumbu, Gampang Dibikin Tentcorp.com, Jakarta Ayam panggang adalah sajian yang terkenal di Indonesia.5 Resep Ayam Panggang yang Sedap dengan Bermacam Bumbu, Gampang Dibikin Tentcorp.com, Jakarta Ayam panggang adalah sajian yang terkenal di Indonesia.

5 Resep Ayam Panggang yang Sedap dengan Bermacam Bumbu, Gampang Dibikin

Tentcorp.com, Jakarta Ayam panggang adalah sajian yang terkenal di Indonesia. Rasanya yang sedap dan proses mengolah yang relatif gampang membuat ayam panggang menjadi satu diantara opsi favorite saat menu makanan setiap hari, termasuk saat berbuka puasa pada bulan Ramadhan.

Beragam jenis bumbu dan rempah bisa dipakai untuk memberi macam rasa yang tidak sama pada ayam panggang. Resep pertama ialah ayam panggang madu yang mempunyai cita-rasa manis dan agak pedas. Seterusnya, ayam panggang kecap adalah resep yang simpel dan gampang dibikin.

Resep setelah itu ayam panggang bumbu rujak, yang mempunyai rasa pedas dan fresh dengan sentuhan bumbu rujak yang unik. Selanjutnya ada pula ayam panggang rica-rica, opsi untuk pecinta makanan pedas. Sajian ini mempunyai cita-rasa pedas yang unik dan pas jadi menu khusus pada acara makan bersama-sama.

Kamu bisa coba mengolah salah satunya dari resep itu sesuai selera dan opsi masing-masing. Berikut Liputan6.com kumpulkan dari beragam sumber, Rabu (13/3/2024) mengenai resep ayam panggang.

Berikut Kumpulan Resep – Resep Ayam Panggan yang Sedap dan Mantap

1. Resep Ayam Panggang Kecap

  1. Ayam panggang kecap ialah sajian yang sedap dan beraroma, pas menjadi makanan keluarga. Berikut resep ayam panggang kecap:
  2. Siapkan beberapa bahan: ayam utuh, kecap manis, sauce tomat, bawang putih cincang, bawang merah cincang, garam, merica, dan minyak goreng.
  3. Membersihkan ayam sama air bersih dan keringkan.
  4. Campur seluruh bahan bumbu, seperti kecap manis, sauce tomat, bawang putih, bawang merah, garam, dan merica, dalam mangkok.
  5. Celup ayam ke bumbu yang sudah digabung lantas biarkan sepanjang 30 menit dalam almari es.
  6. Sesudah ayam marinasi, panasi oven dan panggang ayam sepanjang 40-50 menit dengan temperatur 180 derajat Celsius sampai ayam masak prima.
  7. Sesudah ayam masak, angkat dan diamkan sesaat saat sebelum mengguntingnya.
  8. Suguhkan ayam panggang kecap dengan nasi putih dan sayur hasrat Anda.

Resep ayam panggang kecap ini mempunyai cita-rasa manis, renyah, dan bumbu yang menyerap prima, menjadikan sajian yang sedap dalam keluarga. Tambah sedikit sambal atau kecap manis untuk pengalaman makan lebih nikmat.

2. Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak

Ayam panggang bumbu rujak ialah sajian yang sedap dan gampang dipersiapkan. Berikut resep ayam panggang bumbu rujak:

  1. Langkah awal, persiapkan ayam utuh yang telah bersih.
  2. Baluri ayam dengan bumbu rujak yang terbagi dalam kecap manis, air asam, gula merah, dan garam sesuai dengan selera.
  3. Diamkan ayam menyerap dalam bumbu sepanjang minimum 1 jam saat sebelum dipanggang.
  4. Persiapkan panggangan atau oven, panasi dengan temperatur 180 derajat Celsius.
  5. Tempatkan ayam di atas panggangan dan panggang sepanjang 45-60 menit, atau sampai ayam masak prima dan kulitnya warna kecoklat-coklatan.
  6. Kadang-kadang celup ayam dengan tersisa bumbu rujak saat dipanggang supaya berasa lebih renyah.
  7. Sesudah masak, angkat ayam panggang dan suguhkan bersama nasi hangat atau lontong dan sambal ulek.

Resep ayam panggang bumbu rujak ini mempunyai cita-rasa yang unik dan renyah, dengan sentuhan manis dan pedas dari bumbu rujak. Pas dikonsumsi sebagai sajian khusus pada acara keluarga atau bergabung bersama beberapa teman. Janganlah lupa tambah pendamping seperti potongan ketimun, tomat, dan daun selada untuk membuat bertambah penampilan dan rasa sajian ini. Selamat mempraktikkan!

3. Resep Ayam Panggang Teflon

Ayam panggang adalah salah satunya sajian yang terkenal di Indonesia. Proses memanggang ayam memakai teflon bisa jadi opsi yang bagus untuk hasilkan sajian bergizi dan sedap. Berikut resep ayam panggang teflon:

  1. Persiapkan beberapa bahan yang diperlukan: ayam potong sesuai dengan selera, bawang putih parut, bawang merah parut, jahe parut, garam, merica, dan minyak zaitun.
  2. Baluri ayam dengan bawang putih, bawang merah, jahe parut, garam, dan merica. Ratakan bumbu di semua permukaan ayam.
  3. Biarkan ayam dalam almari es sepanjang minimum 1 jam supaya bumbu menyerap.
  4. Panasi teflon dengan api yang kecil. Tambah sedikit minyak zaitun dan ratakan di atas teflon.
  5. Tempatkan ayam di atas teflon dengan posisi sisi dada mengarah ke bawah. Tutup teflon dan panggang ayam sepanjang 15-20 menit.
  6. Kemudian, kembali ayam dengan berhati-hati dan panggang segi yang lain sepanjang 15-20 menit sampai masak prima.
  7. Angkat ayam panggang teflon dan sajikan dengan nasi hangat atau lahapan kegemaranmu.

4. Resep Ayam Panggang Oven

Berikut resep ayam panggang oven:

  1. Siapkan beberapa bahan: seekor ayam, dua sendok makan minyak zaitun, satu sdt garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, tiga biji bawang putih cincang, satu sendok makan kecap manis, dua sendok makan madu, dan satu sendok teh bubuk kunyit.
  2. Membersihkan ayam sama air bersih, keringkan dengan tisu dapur. Selanjutnya campur minyak zaitun, garam, merica, bawang putih, kecap manis, madu, dan bubuk kunyit jadi satu adonan.
  3. Rendam ayam dalam adonan yang sudah dibikin sepanjang minimal satu jam dalam almari es.
  4. Panasi oven pada temperatur 180 derajat Celsius. Tempatkan ayam dalam loyang panggang dan tutup dengan alumunium foil.
  5. Panggang ayam sepanjang sekitaran 1 jam, membuka alumunium foil, dan panggang kembali sepanjang 30 menit supaya kulit ayam jadi kering dengan prima dan warna keemasan.
  6. Angkat ayam panggang dari oven, nantikan sesaat supaya temperaturnya turun, selanjutnya potongi ayam sesuai dengan selera.

Resep ayam panggang oven ini memberi hasil ayam yang halus dengan rasa rempah yang sedap. Pas dihidangkan bersama nasi putih hangat atau lahapan fresh. Selamat mempraktikkan!

5. Resep Ayam Panggang Madu

Ayam panggang madu ialah sajian yang sedap dan gampang agar dihidangkan. Berikut resep ayam panggang madu yang sedap:

Bahan yang diperlukan:

  1. 1 ekor ayam utuh, membersihkan dan potong jadi 8 sisi
    3 sdm kecap manis
    2 sdm madu
    2 sdm minyak sayur
    2 biji bawang putih, cincang lembut
    1 sdm sauce tomat
    1 sdt garam
    1/2 sendok teh merica bubuk
  2. Campur kecap manis, madu, minyak sayur, bawang putih, sauce tomat, garam, dan merica bubuk pada sebuah tempat. Aduk sampai rata sampai bumbu bercampur prima.
  3. Baluri ayam dengan bumbu yang sudah dibikin. Pastikan ayam terikat dengan rata dan bumbu menyerap ke daging. Biarkan sepanjang 30 menit supaya bumbu menyerap lebih dalam.
  4. Persiapkan panggangan atau oven, panasi temperatur pada 200 derajat Celsius. Panggang ayam dalam panggangan yang sudah dipanaskan sepanjang 40-45 menit, atau sampai ayam masak prima dengan kulit yang kecokelatan.
  5. Suguhkan Ayam Panggang Madu dengan nasi putih atau nasi goreng sebagai menu khusus. Sajian yang renyah dan manis ini akan dicintai oleh semua keluarga.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *