Menko Polhukam : TNI-Polri Siap Memberikan dukungan Pemilihan kepala daerah Serempak di Papua

tentcorp – Pemilihan Kepala Wilayah (Pemilihan kepala daerah) Serempak tahun 2024 akan dilakukan di semua daerah Papua. Menteri Koordinator Sektor Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn.) Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menjelaskan jika TNI-Polri siap memberikan dukungan dan amankan Pemilihan kepala daerah Serempak di semua daerah Papua.

Ini dia ungkap waktu memberi pembimbingan ke personil TNI-Polri berkaitan persiapan penyelamatan tingkatan Pemilihan kepala daerah serempak daerah Papua di Aula A. Rompis, Makodam XVII Cenderawasih, Kota Jayapura, Kamis (30/5/2024).

Ikut datang pada aktivitas itu Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon, S.H., M.M, Asops Kapolri, Irjen. Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P, Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han), Wakapolda Papua, Brigjen. Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.Sang, Beberapa PJU TNI-Polri Se-Papua, Beberapa Dandim dan Kapolres Se-Papua, dan Beberapa Prajurit TNI Polri Se-Papua

Dalam peluangnya, Menko Polhukam menjelaskan Berdasar data intelijen, tingkat kerentanan penerapan pemilihan kepala daerah serempak condong menengah-tinggi, lebih besar dari kerentanan pemilihan anggota legislatif (Pileg) dan pilpres (Pemilihan presiden) yang condong kecil-menengah.

“Saya meminta aparatur intelijen harus betul-betul memerhatikan dengan detail. Pertama, kemampuan kita telah terdiri rata, mustahil kita meminta kontribusi kembali. Kita tidak dapat menginginkan jika nanti bakal ada kontribusi-bantuan dari daerah lain. Andaikan dapat ditolong, tetapi tidak dapat cepat karena kebatasan transportasi,” kata Menko Hadi.

Tetapi, lanjut Menko Hadi, TNI dan Polri memiliki komitmen siap menolong pembagian logistik Pemilihan kepala daerah. Karena, keadaan geografis daerah Papua berat dan secara demografis warga nya menyebar di beberapa pulau.

“TNI dan Polri siap menolong untuk kelancaran pemilihan kepala daerah serempak untuk mendukungan pembagian logistik dengan alutsista yang terdapat,” ucapnya.

Menko Polhukam mengingati lagi semua prajurit TNI dan Polri untuk selalu bersinergi saat jaga keamanan dan kenyamanan di Papua, terutama dalam penerapan Pemilihan kepala daerah serempak.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *